Rabu, 05 Juni 2013

Perbanyakan Pisang Mas Melalui Sistem Mati Meristem

 

Pisang mas merupakan komoditas yang menguntungkan untuk dikembangan untuk menunjuang ekonomi keluarga petani. Pemasaran yang mudah dan harganya yang tinggi merupakan daya tarik pembudidayaan komoditas ini.
Didesa Sukodono,Srimulyo dan Baturetno Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, budidaya pisang mas sangat diminati masyarakat dan terbukti dapat menagngkat ekonomi. Umumnya terdapat 2 macam pola budidaya pisang mas di msyarakat, yaitu tumpang sari dengan tanaman kopi dan di pekarangan. Pada pembudidayaan tumpang sari di kebun kopi pisang mas mempunyai manfaat ganda, sebagai pohon naungan sekaligus hasilnya bisa dijual.
Seiring dengan permintaan pasar yang semakin membesar, masyarakat memerlukan penyediaan bibit pisang yang semakin banyak, Penyediaan bibit dengan cara pemisahaan anakan seperti yang umumnya dilakukan masayarakat sudah tidak memadai lagi disebabkan jumlah bibit yang disediakan kurang, mutu tidak terjamin, dan rentan terhadap serangan penyakit.
Maka perlu dicari implementasi Teknologi penyediaan bibit yang efektif. Di daerah Dampit Kabupaten Malang, telah dicoba sistim mati meristim berhasil mengatasi persoalan tersebut. Dicoba dan di laksanakan sejak tahun 2010 sampai sekarang metode mati meristem ini terbukti mampu menyediakan bibit dengan cepat, mutu terjamin dan bebas penyakit.

0 komentar :

Posting Komentar